Dana Hibah Health Systems Strengthening (HSS)

Health systems strengthening atau Penguatan sistem kesehatan, adalah sebuah inisiatif atau strategi dari organisasi, masyarakat ataupun kegiatan yang memiliki tujuan utama untuk mendukung, meningkatkan dan memelihara kesehatan. Sistem kesehatan terdiri dari enam blok, yaitu: pelayanan, informasi kesehatan, produk/teknologi kesehatan, pembiayaan, kepemimpinan dan tata kelola. Dengan membangun kapasitas dari salah satu blok tersebut, artinya ikut berkontribusi dalam meningkatkan sistem kesehatan sebuah negara, yang dengan kata lain pada saatnya nanti dapat ikut serta mendukung penanggulangan AIDS, TB dan malaria di negara tersebut.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk sekitar 238 juta jiwa, yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau dan terbagi menjadi 34 provinsi dengan 497 kabupaten/kota didalamnya, masih sangat membutuhkan penguatan sistem kesehatan dalam beragam aspeknya. Melihat kebutuhan ini, Global Fund sejak 2012 hingga saat ini di tahun 2014 telah memberikan dana hibah sebesar US$16.526.360 untuk penguatan sistem kesehatan Indonesia. Program ini bersinergi dengan program inti Global Fund yang sudah terlebih dahulu diberikan kepada Indonesia untuk penanggulangan AIDS, TB dan malaria. Program dengan dana hibah HSS ini ditargetkan untuk 138 kabupatan/kota tertinggal di daerah terpencil di 24 provinsi, yang meliputi sekitar 42 juta jiwa. Dengan Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI sebagai Principle Recipient (PR), berikut adalah strategi yang dilakukan oleh program dana hibah HSS ini:

  1. Memperkuat informasi kesehatan nasional untuk integrasi yang lebih baik lagi, manajemen data serta memaksimalkan penggunaannya untuk mendukung pengambilan keputusan.
  2. Meningkatkan Sample Registration System (SRS) dan mendukung riset sistem kesehatan.
  3. Meningkatkan manajemen rantai pasokan farmasi, keamanan obat dan farmakovigilans.

Untuk mendapatkan info lebih banyak mengenai dana hibah yang diberikan Global Fund untuk Indonesia dapat dilihat di sini

Untuk mendapatkan info lebih banyak mengenai kegiatan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dapat dilihat di sini