Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) 

Subdit HIV & PMS, Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) – Dirjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah salah satu penerima dana hibah/principle recipient (PR) Global Fund untuk program penanggulangan HIV AIDS di Indonesia. Informasi mengenai dana hibah yang diberikan Global Fund untuk program HIV AIDS Kementerian Kesehatan RI dapat dilihat di sini.

Dana hibah tersebut pada awalnya digunakan untuk penyediaan ART bagi orang yang hidup dengan HIV/AIDS, pencegahan penularan HIV dari ibu hamil kepada bayinya, pendirian VCT, training petugas kesehatan, pendistribusian kondom dan sosialisasi program pencegahan. Pada periode berikutnya, dana hibah tersebut lalu digunakan untuk meningkatkan penyediaan ART secara besar-besaran serta untuk melakukan kegiatan program pencegahan bagi pekerja seks, penasun, lelaki seks lelaki dan industri dimana karyawannya memiliki kesempatan besar untuk memakai jasa pekerja seks. Program lanjutan dari dana hibah yang diterima juga mencakup pelaksanaan terapi methadon bagi penasun dan PPT (Periodic Presumptive Treatment) bagi penderita IMS, pelayanan tes dan konseling bagi populasi berisiko tinggi HIV serta penguatan program yang sudah berjalan. Sementara dana hibah yang diberikan pada bulan Oktober 2014 lalu, digunakan untuk penguatan program sebelumnya dan ditambah layanan co-infeksi HIV TB serta intervensi penguatan sistem kesehatan terkait HIV/AIDS.

Dalam mengimplementasikan dana hibah ini, P2ML berhasil mendapatkan tiga kali peringkat kinerja B1 (memadai) dan satu kali peringkat kinerja A1 (melebihi yang diharapkan).

 

Detil kontak P2ML sebagai principle recipient (PR) Global Fund untuk HIV/AIDS di Indonesia adalah:

Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) – Dirjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan (P2PL), Kementerian Kesehatan RI

Authorized PR: dr. Sigit Priohutomo, Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML)

Jl. Percetakan Negara No. 29, Po Box 223, Jakarta 10560, Indonesia

T. +6221-4247608

F. +6221-4247807

www.pppl.depkes.go.id

 

Berikut adalah Grant Performance Report dari PR Kementerian Kesehatan RI:

GPR_MoH_1

GPR_MoH_2

GPR_MoH_3

GPR_MoH_4

GPR_MoH_5